Seperti Senja yang akan Senantiasa Jingga

Oleh : Zaim Alam Faiz Afi’i

Ikatan itu akan tetap utuh. Awal perjumpaan yang mungkin sampai sekarang kita tidak pernah mengingat betul mengapa kita harus dikumpulkan sedemikian erat. Teringat waktu ketika masih dengan wajah polos menapaki langkah menyadari bahwa diri ini telah menjadi seorang maha untuk kata siswa. Semangat itu muncul, segala hal ia akan ikut. Sampai akhirnya dipertemukan dan dipersatukan oleh insan-insan yang hingga saat ini masih terus berjuang dalam menjadi manusia yang idel di sisi Al-Haq.

Ikatan itu akan tetap utuh. Sadar betul bahwa di sini bukanlah tempat orang-orang yang benar-benar bisa dikatakan baik. Kadang bertanya, mengapa detik ini masih bertahan untuk tetap bersama mereka ? Mereka bukanlah orang yang benar-benar faham tentang ini itu, kadang juga masih terjebak dalam kekhilafan. Juga sering kali masih saling muncul jiwa kekanakan.

Ikatan itu akan tetap utuh. Namun detik demi detik menyadarkan sebuah hal. Ikatan itu tidak selamanya berisikan semua tentang hal yang ideal. Ya, kadang memang masih menemukan sebuah khilaf, namun di sisi lain mereka akan mengingatkan tentang kekhilfan itu. Mengapa masih bertahan di sini ? Semangat mereka dalam berjuang menjadi insan yang diridhoi Allah  itulah yang menjadikan ukhuwah ini masih terjaga.

Ikatan itu akan tetap utuh. Karena warna senja saat petang tiba pun tak pernah berubah. Namun seperti senja, tak selamanya dia ada. Kadang harus rela tertutupkan mendung, kadang harus rela tertutupi hujan.

Ikatan itu akan tetap utuh. Begitu juga dengan sebuah ikatan. Kadang kala harus ikhlas mengalah, sering kali harus dewasa dengan sebuah masalah, namun jiwa itu akan senantiasa merekah. Jiwa sekumpulan insan yang merindukan pertemuan dengan Rabb-Nya.

Ikatan itu akan tetap utuh. Seperti  sekumpulan tetesan hujan. Dia hanya bisa dilihat oleh kesatuannya, tak bisa dilihat satu-satu. Maka inilah tetesan-tetesan hujan itu, lihatlah secara utuh, jika engkau hanya temukan satu tetes hujan maka ingat itu hanya satu sisi dari jutaan hal lain yang akan engkau temui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *